twitter
Tristar Institute BSD
Jln. Pahlawan Seribu - Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 / Blok RL 31-33
Telp: 021-5380668, 081381500021. 082122565898

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

Kunjungan Belajar di Great Diponegoro Hotel Surabaya

MAHASISWA CRUISE TRISTAR
DITANTANG MENGOLAH
MENU LUNCH BUFFET
DAN PRAKTIK TABLE MANNER


Tiga  pengalaman menarik yang dipetik oleh mahasiswa Cruise Tristar Culinary Institute dari kunjungan belajar di Great Diponegoro Hotel Surabaya, Selasa (3/3/2020) lalu.  Nah, pengen tahu?
Pertama, mahasiswa merasakan atmosfer bekerja di hot kitchen saat mengolah menu lunch buffet (appetizer, soup, main course dan dessert).  Kedua, belajar table setting (menata meja) dan pengalaman ketiga adalah table manner (etika makan)  pada acara jamuan resmi.
Ridho Wahid Saputro, Sous Chef Great Diponegoro Hotel, mempersiapkan rundown dengan format to the point.   Setelah briefing lima menit di Zhang Resto lantai 2,  mahasiswa langsung  action sesuai tujuan kunjungan.
Mahasiswa dibagi dua kelompok. Kelompok pertama 8 orang  praktik di kitchen. Sementara  kelompok kedua 9 orang belajar tentang table manner dibimbing oleh F&B Supervisor Great Diponegoro Hotel,  Bramanda Atmaja.
“Tugas kalian adalah  menyiapkan  menu lunch buffet. Appetizer, soup, main cours dan dessert. Semua bahan sudah tersedia di kitchen. Kalian ambil sendiri bahannya untuk diolah. Saya dan Ivan (chef de partie) hanya mengawasi. Kalian mengerti?,” tegas  Chef Ridho.


Satu menu dikerjakan oleh dua orang.  Menu yang akan mereka siapkan  adalah,  Avocado Prawn Salad (appetizer), Beef Goulash Soup,  kemudian Grill Chicken Breast with  Waffle Potato and Vegetables Mushroom Sauce (main cours) dan  Ginger Bruelle Torch (dessert).


Mahasiswa benar-benar merasakan pengalaman baru tentang realita dunia kerja yang sesungguhnya.  Bekerja di bawah tekanan dan harus selesai tepat waktu. Mereka juga mendapat teguran keras ketika bekerja tidak disiplin. 
Menu lunch buffet akhirnya rampung juga.  Delapan mahasiswa nampak lega dan bisa menikmati hasil olahan dalam sesi table manner.  Sementara kelompok kedua berperan sebagai waiter dan waitress.


Setelah itu, giliran 9 mahasiswa kelompok kedua masuk kitchen untuk mengolah menu yang sama.  Menu tersebut juga untuk dinikmati sendiri. Kali ini, kelompok pertama  bertukar peran sebagai waiter dan waitress.


Sebanyak 17 mahasiswa yang berkunjung ke hotel bintang 3  yang terletak di Jl. Diponegoro No 215 Surabaya itu, didampingi Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit (Tristar Institute Group), R. Paulus W Soetrisno dan Imania Ayu Wulandari, Kepala Operasional BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan).


Marshel Hendrik, General Manager Great Diponegoro Hotel Surabaya menyambut gembira kehadiran mahasiswa. “Great Diponegoro sangat senang dan kami pasti mendukung program  kunjungan belajar  dari  Akpar Majapahit,” sambut pria supel yang pernah berkarir di Amaris Hotel Swiwedari Solo (2016 – 2018) itu. **bahar

1 komentar:

  1. I am very thankful to you that you have shared this information with us. Read more info about https://www.askihmca.com/. I got some different kind of knowledge from your web page, and it is really helpful for everyone. Thanks for share it.

    BalasHapus