twitter
Tristar Institute BSD
Jln. Pahlawan Seribu - Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 / Blok RL 31-33
Telp: 021-5380668, 081381500021. 082122565898

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

Mahasiswa Akpar Majapahit Dikenalkan Pentingnya Sertifikasi Profesi Pelaku Kuliner

Agenda Pra Munas DPP PCPI di Pakuwon Supermall Mei 2018 

Mahasiswa Culinary dan Pastry Class Akpar Majapahit Dikenalkan Pentingnya Sertifikasi Profesi Pelaku Kuliner

JELANG penyelenggaraan Munas DPP Perhimpunan Chef Profesional Indonesia (PCPI) yang mengangkat tema Indonesian Culinary & Treasury Expo 2018 di Pakuwon Supermall, Mei 2018 mendatang, PCPI gencar melakukan sosialisasi seputar Sertifikasi Profesi Pelaku Kuliner di seluruh Indonesia terutama kepada sejumlah lembaga pendidikan tinggi yang membuka Program Studi Hospitality (Akomodasi Perhotelan) termasuk di dalamnya mendidik calon chef.

Menurut Ketua Umum DPP PCPI Bambang Nurianto, sosialisasi ini dilakukan PCPI setelah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menetapkan PCPI sebagai Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) kepada pelaku kuliner mulai tingkat cook helper hingga executive chef (Culinary maupun Pastry) dan produk kuliner terhitung sejak akhir 2017 lalu.

Tujuan dari sertifikasi profesi ini untuk memprofesionalkan pelaku kuliner di seluruh Indonesia yang belum tersentuh perhatian dari pemerintah. PCPI yang baru saja ditunjuk BNSP sebagai LSP Kuliner Indonesia (Pelaku Kuliner dan Produk Kuliner) tertantang untuk melaksanakan amanah mulia ini. 

”Tahun 2018 ini kami mendapat kuota 1000 orang untuk sertifikasi profesi pelaku kuliner di seluruh Indonesia dari total 5000 kuota yang ditugaskan BNSP kepada PCPI,” kata chef Bambang Nurianto di hadapan puluhan mahasiswa Akpar Majapahit (Tristar Group) di MaxOne Hotels Tidar Surabaya, akhir pekan lalu.

Sosialisasi seputar sisik melik sertifikasi profesi pelaku kuliner itu dihelat di sela-sela acara Table Manner Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit. Kedatangan romnbongan mahasiswa Akpar Majapahit ketika itu di dampingi Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Manager Bursa Kerja Akpar Majapahit Agus Sudarsono M.Par.

Dikatakan chef Bambang, pelaku kuliner yang telah mengikuti kegiatan sertifikasi akan mendapat sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak LSP Kuliner Indonesia dan sertifikat profesi itu masa berlakunya tiga tahun. Selanjutnya mereka wajib untuk mengikuti sertifikasi lagi  untuk tahapan berikutnya. 

”Dalam kegiatan sertifikasi tersebut, pihak LSP juga mengacu pada Standar Kompetensi Ketentuan Nasional Indonesia (SKKNI),” tandas chef Bam, sapaan akrabnya kepada kru www.culinarynews.info, Jumat (02/02/2018) sore.

Sementara itu untuk memuluskan agenda sertifikasi produk kuliner Indonesia, DPP PCPI  menugaskan jaringan di bawahnya baik DPD maupun DPC-DPC PCPI yang tersebar di 24 Provinsi dan 42 Kota/Kabupaten menghimpun resep-resep kuliner asli Indonesia yang sejauh ini belum terdokumentasi dengan baik. Salah satunya adalah mencari info resep-resep kuliner asli Indonesia itu melalui media sosial dan internet.

”Melalui sosialisasi tersebut, kami kembali mengajak mahasiswa terutama chef-chef yunior dari Akpar Majapahit untuk proaktif mengikuti regulasi baru seputar sertifikasi profesi pelaku kuliner ini.  Bagaimanapun juga regulasi baru ini bakal Anda hadapi pasca lulus kuliah nanti saat Anda terjun di dunia kerja,” terang chef Bambang Nurianto yang juga menduduki jabatan Executive Chef  di MaxOne Hotels Tidar Surabaya.

Selain berbagi informasi dengan mahasiswa Culinary dan Pastry Class Akpar Majapahit (Tristar Group), pihaknya atas nama PCPI juga melakukan sosialisasi pentingnya sertifikasi profesi pelaku kuliner di lembaga pendidikan tinggi lainnya seperti Universitas Ciputra, Ottimo, Sagers, Surabaya Hotel School (SHS), Monas Culinary & Pastry School.

Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno mengapresiasi upaya DPP PCPI yang diketuai chef Bambang Nurianto, mengundang para chef yunior yang saat ini masih kuliah di Akpar Majapahit dan Tristar Institute (Tristar Group) maupun lembaga pendidikan tinggi sejenis lainnya untuk menyukseskan gelaran Indonesian Culinary & Treasury Expo 2018.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar