twitter
Tristar Culinary Institute Jakarta
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 081234506326, 081286358533. PIN BB: 53B4FED8, 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33. Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

Akpar Majapahit Gelar Sidang Pra Skripsi Gelombang I pada Tahun Akademik 2017

Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit



14 Mahasiswa D3 Program Studi Perhotelan Jalani Sidang Pra Skripsi Gelombang I di Gedung Graha Tristar




PADA Rabu (24/05/2017), 14 mahasiswa D3 Program Studi (Prodi) Perhotelan Akpar Majapahit mengikuti sidang pra skripsi gelombang I di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Kampus Akpar Majapahit, almamaternya.



14 mahasiswa itu adalah Hafidhoh Hurriyah, Albert Limanhadi, Nafiri Ellsyadai, Alexius Dwiky Wahyudiasto, Arief Budi Soesanto, Charles Laurent Pedro, Vincent Phonstiaco, Nuurin Dandun Wisesa, Gabriela Frederica, M. Ravi Saputra, Jeffry Cipta Ibrahim, Ronald Noviandi Nahayan, Nicolas Lorenzo Genial dan Utomo Fathur Ramadhan. 



Untuk efisiensi waktu, maka sidang pra skripsi itu dibagi tiga kelompok kecil, yakni kelompok I terdiri dari Hafidhoh, Albert, Nafiri dan Alex dengan dosen penguji Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Yanuar Kadaryanto MM. Sedangkan kelompok II terdiri dari Arief Budi, Charles, Vincent, Nuurin dan Gabriela dengan dosen penguji Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Andrean L. Bandono MBA, MM.



Sementara itu, lima mahasiswa yang masuk kelompok III adalah Ravi, Jeffry, Ronald, Nicolas dan Fathur. Mereka maju sidang praskripsi gelombang I dengan dosen penguji Mafthucha Dipl. Hot., SE., M.Par dan Effendy M.Pd. 



Hafidhoh Hurriyah, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, mempresentasikan hasil pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Penataan Bahan Makanan di Chiller terhadap Efektivitas Kerja di Kitchen Tristar Institute Surabaya di hadapan dua orang dosen penguji.



Sebelum maju sidang, Hafid mendapatkan support dari R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Bambang Sutrisno ST.Par, dosen pembimbingnya dan beberapa rekan sejawat dari Prodi Perhotelan. ”Arahan dosen pembimbing dan support dari teman-teman menumbuhkan kepercayaan diri saya sebelum menghadapi sidang pra skripsi,” kata Hafid, usai ujian pra skripsi kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (23/05/2017) siang.



Dalam kesempatan itu, Hafid juga menunjukkan catatan dari dosen penguji terhadap laporan pra skripsinya berupa revisi judul penelitian, teknik penulisan dan daftar pustaka. ”Meski tulisan saya harus direvisi, rasanya  plong, setelah sebelumnya saya harus melekan guna mempersiapkan sidang pra skripsi,” ujar Hafid, sambil tersenyum.



Hal senada juga diperlihatkan oleh Albert Limanhadi, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan, seusai mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Penerapan Job Description& Standard Operating Procedure terhadap Kelancaran Operasional di Kitchen The Avenue Java Paragon Hotel & Residence Surabaya, di hadapan dua dosen penguji, Otje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto.



”Jika sebelum maju sidang, saya sempat nervous. Bahkan badan terasa panas dingin di ruang ber-AC sekalipun saya baru mendapat giliran kedua untuk presentasi di depan dosen penguji. Setelah sidang ini rasanya plong gitu,” tutur Albert.



Seperti  R. Paulus W. Soetrisno M.Par, dosen pembimbing dari Prodi Perhotelan, beberapa dosen pembimbing lainnya, Hardita Kusdharyanto M.Par, Agus Soedarsono M.Par, Bambang Sutrisno ST.Par., Peter ST, Santa Elisabeth ST.Par dan Dewi Mariyanah M.Par juga tampak sibuk untuk membekali pengetahuan kepada mahasiswa bimbingannya sebelum maju sidang pra skripsi di lantai 4 Gedung Graha Tristar.



Nah, kehadiran dosen pembimbing itu diapresiasi oleh sejumlah mahasiswa Prodi Perhotelan yang maju ujian pra skripsi gelombang I, seperti Alex, Charles, Gabriela, Nafiri dan Nuurin, setelah Hafidhoh Hurriyah dan Arief Budi dari Prodi Perhotelan, maju sidang lebih dulu. 



Usai Albert, giliran Nafiri Ellsyadai yang maju sidang untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pemilihan Bahan yang Berkualitas untuk Menghasilkan Makanan yang Bermutu di Pastry Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya. Dalam menyusun laporan pra skripsinya, Nafiri dibimbing oleh Hardhita Kusdharyanto dan Bambang Sutrisno.



”Untuk menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu sekitar empat bulan sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing sebelum maju maju sidang pada pekan keempat bulan Mei 2016,” kata perempuan cantik kelahiran Jambi itu, usai diuji oleh Otje H. Wibowo dan Yanuar Kadaryanto. 



Terakhir giliran yang maju adalah Alexius Dwiky Wahyudiasto. Mahasiswa kelahiran Magelang yang akrab disapa Alex itu mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Kelengkapan Fasilitas yang Diterima terhadap Kinerja Karyawan di Banquet Kitchen Hotel Bumi Surabaya City Resort di hadapan dosen penguji. 



Sementara itu, dalam menyusun laporan pra skripsinya tersebut, Alex dibimbing oleh Agus Soedarsono dan Santa Elisabeth. ”Usai sidang pra skripsi, saya mengucapkan terima kasih kepada dosen pembimbing yang tiada henti memotivasi saya untuk menyelesaikan laporan ini,” tandasnya. 



Di ruang sidang yang lain, giliran Arief Budi Soesanto, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dari kelompok II, yang dipanggil kali pertama untuk masuk ruang sidang. Arief Budi  mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Teknik Menghias Produk Pastry agar Menarik Konsumen di Cake Shop Hotel Indonesia Kempinski Jakarta di hadapan dosen penguji, Hedy W. Saleh dan Andrean L. Bandono.



Usai sidang, Arief Budi menyatakan rasa syukurnya karena jadwal maju sidang pra skripsi siang itu relatif tepat waktu sehingga agendanya kembali ke Jakarta dengan pesawat terbang tidak jadi di-cancle.  Sementara itu selama menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa kelahiran Magelang tersebut dibimbing oleh R. Paulus W. Soetrisno dan Bambang Sutrisno. 



Setelah Arief Budi Soesanto, giliran yang maju sidang adalah Charles Laurent Pedro. Charles diuji oleh  Hedy W. Saleh dan Andrean L.  Bandono.  Charles, demikian ia biasa disapa, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pentingnya Penerapan Hygiene dalam Pengolahan Makanan di Main Kitchen Hotel Kartika Wijaya Heritage Kota Batu, yang dibimbing R. Paulus W. Soetrisno dan Bambang Sutrisno.



Selanjutnya yang mendapat giliran maju sidang setelah Charles Laurent Pedro adalah Vincent Phonstiaco. Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan kelahiran Surabaya ini mempresentasikan laporan pra skriksinya yang berjudul Peranan Banquet terhadap Penyelenggaraan Event di Bima Restaurant Surabaya, di hadapan dosen penguji, Hedy W. Saleh dan Andrean L. Bandono.



Berikutnya yang maju sidang pra skripsi gelombang I adalah Nuurin Dandun Wisesa. Nuurin mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Bahan Makanan terhadap Kualitas Produk It’s Haffle di Cilegon. Untuk menyusun laporan pra skripsinya itu, Nuurin dibimbing Otje H. Wibowo dan Dewi Mariyanah.


Terakhir mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dari kelompok II yang maju sidang pra skripsi adalah Gabriela Frederica. Mahasiswi berparas cantik kelahiran Surabaya ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Mutu Produk Makanan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Bebini Gelati Café Surabaya.

Dalam sidang pra skripsi tersebut, Gabriela diuji oleh Hedy W. Saleh dan Andrean L. Bandono. Usai sidang, ia mengaku tidak menemui kesulitan berarti karena selama menyusun laporan dirinya juga terlibat langsung di kitchen Bebini Gelati Café. ”Pasalnya, sejak sebelum menyiapkan laporan pra skripsi ini, saya sudah bergabung di Bebini Gelati Café Surabaya sejak pengujung 2016 lalu,” ujar Gabriela Frederica kepada kru www.culinarynews.info.



Sementara itu, di ruang sidang tiga, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan dari kelompok III  yang maju kali pertama pada sidang pra skripsi gelombang I adalah M. Ravi Saputra. Mahasiswa kelahiran Curup, Bengkulu ini mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul  Pengaruh Standar Penyimpanan dan Pengolahan Daging terhadap Mutu Produk Makanan di Java Paragon Hotel & Residence Surabaya. 

 

Dalam sidang pra skripsi tersebut, Ravi Saputra diuji langsung oleh Maftucha dan Effendi. Sedangkan Yanuar Kadaryanto dan Peter adalah dosen pembimbing selama mahasiswa D3 Prodi Perhotelan ini menyusun laporan pra skripsinya sejak lima bulan yang lalu.



Giliran yang maju sidang berikutnya adalah Jeffry Cipta Ibrahim. Jeffry, sapaan akrab mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ini, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Struktur Organisasi Kitchen pada Kelancaran Produksi di Hotel Somerset Surabaya di hadapan tim penguji, Maftucha dan Effendi.



Setelah Jeffry Cipta Ibrahim, giliran mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang maju sidang adalah Ronald Noviandi Nahayan. Siang itu, Ronald mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelayanan terhadap Terciptanya Kelancaran Food & Beverage (F&B) di Café Orange Surabaya di hadapan tim penguji.



Selama menyusun laporan pra skripsinya sejak pengajuan judul tulisan hingga hari H sidang pra skripsi gelombang I, Rabu (23/05/2017), Ronald dibimbing oleh Agus Soedarsono dan Santa Elisabeth.



Selanjutnya Panitia memanggil Nicolas Lorenzo Genial untuk maju sidang di hadapan dosen penguji Maftucha dan Effendi. Nicolas mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Ketersediaan Standar Peralatan terhadap Kelancaran Operasional Kitchen di Core Hotel Bonnet Surabaya.



Selama menyusun laporan pra skripsinya tersebut, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit kelahiran Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng), itu dibimbing oleh Ari Purwanto dan Bambang Sutrisno.



Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit dari kelompok III yang terakhir yang maju sidang gelombang I adalah Utomo Fathur Ramadhan. Fathur, sapaan karibnya, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Mekanisme Pengadaan Barang di Kitchen Uir A Un (French Food) terhadap Operasional Hotel JW Marriott Surabaya.



Saat menjalani sidang pra skripsi tersebut, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit kelahiran  Bogor, Jabar, ini diuji oleh  Maftucha dan Effendi. Sedangkan dalam menyusun laporan pra skripsinya, Fathur dibimbing oleh Hardhita Kusdharyanto dan Laurentia Ida (Vivi Liong).



Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tristar Institute....  "Be a Professional Chef"

-Tristar Institute -
School of Culinary - Baking Pastry Art, Food Technology, Hospitality, Cruise, D3 Hotel & S1 Food Technology.

Tristar Institute:

*Tristar Institute Bogor
Jln. Raya Tajur No 33, Bogor
Telp: 0251-8574434, 081217929008 PIN: 53B4EFD8
082231372022 PIN: 2A6A1F4E.

*Tristar Institute BSD
Jln. Pahlawan Seribu - Raya Serpong Ruko BSD Sektor 7 / Blok RL 31-33
Telp: 021-5380668, 081232539310. PIN: D34223AE.

*Tristar Institute Kota Wisata Batu
Jln. Bukit Berbunga 10 Batu
Telp: 0341-3061525, 081232539310 PIN: D34223AE.

*Tristar Institute Kaliwaron
Jln. Raya Kaliwaron 58 - 60 Surabaya Telp: 031 5999593, 082230059993. 08585895799993.
Pin: 5BOD4B28. 595410A.

*Tristar Institute Surabaya
Jln. Raya Jemursari 244. Surabaya Telp: 031-8480821-22. 081357866283. 0812 3163 6380. PIN: D369634B, D30D351C

Tristar Institute memberikan ruang belajar bagi Anda yang ingin menjadi profesional chef.... Come & join us !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar