twitter
Tristar Culinary Institute Jakarta
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 081234506326, 081286358533. PIN BB: 53B4FED8, 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33. Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

Ujian Mahasiswa Culinary Business - Tristar Jakarta


Dari ‘Tristar Institute’ Serpong - Tangerang

Ujian Teori dan Praktik


 Kegiatan studi mahasiswa di kampus dapat dilakukan dalam bentuk kuliah teori dan praktik. Perkuliahan teori bertujuan untuk mengkaji dan mengupayakan penguasaan mahasiswa atas teori dan konsep yang berkaitan dengan bidang studi yang ditempuh. Sedangkan, perkuliahan praktik bertujuan untuk mengaplikasikan teori dalam kondisi dan waktu terbatas. Seperti yang telah dilakukan para mahasiswa jurusan Culinary dan juga jurusan Pastry yang ada di kampus ‘Tristar Institute’ bertempat di Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-32-33 Serpong – Tangerang.

Di setiap akhir masa perkuliahan, para mahasiswa pasti akan diuji kemampuannya dalam mempelajari berbagai materi yang telah diajarkan. Untuk itu, sebelum menuju perkuliahan triwulan selanjutnya maka mahasiswa Tristar Institute diwajibkan untuk mengikuti ujian teori akhir triwulan yang dilaksakan selama 1 hari dengan waktu selama 3 jam. Tak kurang dari 30 orang mahasiswa dari 2 jurusan (Culinary & Pastry) mengikuti ujian teori ini
  





Setelah ujian teori, keesokan harinya para mahasiswa diuji kemampuannya membuat kreasi cake untuk jurusan Pastry dan aneka masakan Indonesia & Chinese bagi jurusan Culinary. Kegiatan ini dilakukan 2 gelombang  selama 2 hari dan dilakukan mahasiswa secara berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 2 – 3 mahasiswa. Dengan waktu selama 3 jam, mulai dari persiapan bahan, proses pembuatan hingga penyajiannya.

Dari jurusan Pastry, tampak para mahasiswa serius tapi santai dalam membuat kreasi cake yang terbaik, hal ini diperlihatkan dengan berbagai konsep modifikasi cake yang mereka buat.



  

  


Adapun bermacam modifikasi cake yang dibuat dengan bahan yang telah disediakan oleh kampus ini dibuat dengan memadukan berbagai bahan seperti cokelat, strawberry, mangga dan bahan lainnya. Tampilan cake pun tak hanya sekedar cake namun bisa berubah menjadi bentuk yang unik tapi menarik, seperti pot bunga (flower cup), ayam goreng (fried chicken) dll. Setelah waktu ujian telah habis, tim penilai yang terdiri dari Chef Yeremia dan Chef Hadi, segera memberikan penilaian. Kriteria penilaian dalam ujian ini antara lain adalah rasa, tekstur dan tampilan.








Setelah memberikan penilaian, maka Chef Yeremia selaku pengajar dalam jurusan pastry ini mulai memberikan presentasi hasil ujian kepada para mahasiswa. Secara garis besar hasil kreasi para mahasiswa ini cukup bagus walaupun terdapat beberapa kekurangan baik dari segi tampilan ataupun rasa. Penilaian dari masing-masing tim penilai juga langsung diumumkan kepada para mahasiswa sehingga nantinya mahasiswa bisa langsung menghitung nilai ujian praktik yang sudah mereka laksanakan.



  Ujian serupa juga terlihat di kelas jurusan Culinary yang terletak di lt.3 Tristar Culinary Institute. Para mahasiswa sibuk mengolah kreasi masakan mereka yang bertemakan masakan Indonesia dihari pertama dan masakan Chinese dihari kedua. Untuk kreasi masakan Indonesia, mahasiswa membuat sajian dari berbagai daerah, sedangkan masakan Chinese tema bumbu Szechuan dengan berbagai olahan.
    


 
Dalam ujian ini terlihat sekali ketrampilan para mahasiswa, sehingga hasil dari setiap kreasi mereka sudah tidak diragukan lagi hasilnya. Tidak berbeda dengan mahasiswa pastry, mahasiswa culinary juga dibagi  beberapa kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 2 orang mahasiswa untuk membuat kreasi masakan.




 














Dalam ujian praktik culinary ini, penilaian dilakukan oleh tim penilai yang sama dengan ujian pastry yaitu Chef Hadi dan Chef Yeremia. Setelah praktik selesai dilakukan penilaian dengan kriteria yang terdiri dari rasa, tekstur dan tampilan. Di akhir penilaian, Chef Hadi selaku pengajar dari jurusan Culinary juga memberikan evaluasi mengenai hasil dari ujian praktik serta mengumumkan nilai yang sudah diberikan.



Secara keseluruhan, ujian triwulan ini berjalan dengan baik dan penuh kreatifitas. Hal ini menunjukkan keseriusan belajar dari para mahasiswa untuk mendalami perkuliahan. Anda ingin pandai seperti mereka ? Kuliah di ‘Tristar Institute’ Serpong – Tangerang bisa menjadi jawabannya. *Upi








Info lebih lanjut hubungi atau datang di:
Ø  ‘Tristar Institute’ Serpong – Tangerang
Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-32-33 Serpong – Tangerang
Telp 021-5380668. HP/WA: 081286358533. 
PIN BB: 2A96E298  Fax 021-53155652









2 komentar:

  1. Takoyaki memang makanan favorit saya nih. Makanan khas jepang ini sering memanjakan saya. Kalo kamu mau cari Tray makanan untuk takoyaki bisa coba cari "Greenpack" di Google yah teman-teman...

    BalasHapus
  2. Usaha Takoyaki sukses dengan omset puluhan juta menggunakan Takoyaki Baker. Semoga Sukses. :)

    BalasHapus