twitter
Tristar Culinary Institute Jakarta
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 081234506326, 081286358533. PIN BB: 53B4FED8, 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33. Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

9 Taruna Dalami Perwismaan dan Table Manner

Latihan Praktek Taruna AAL di Kampus Akpar Majapahit



          ADA pemandangan menarik di kampus Akpar Majapahit pada awal Maret 2014 lalu, pasalnya kampus yang berlokasi di Jl Jemursari 244 Surabaya itu kedatangan tamu istimewa sembilan taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang  mengikuti latihan praktek (latek) selama empat hari, mulai 3-6 Maret 2014.


          Taruna AAL tersebut berasal dari Korp Suplai Angkatan 61 yang mengikuti latihan praktek Perwismaan (Perhotelan) dan Table Manner dengan dipandu oleh dosen Akpar Majapahit chef R Bagus Handoko Y, S.Pd  dan chef Mickey Gunawan.

          Chef Bagus yang juga menjadi dosen Perwismaan dan Ilmu Gizi AAL, memberi materi kuliah tentang tata cara (tata hidang) internasional baik makanan, minuman serta ilmu gizi. Selain itu, sembilan taruna yang ikut latek juga dibekali dengan pengetahuan tentang chanoyu yakni tata cara minum teh adat Jepang.

          Pada latek hari pertama, materi pelatihan dari chef Bagus berupa pengenalan masakan Indonesia, bumbu dasar (putih), bumbu merah (rendang), bumbu oranye (gudeg), dan bumbu kuning (soto ayam).

          Pada hari kedua, chef Bagus kembali sharing pengalaman kepada taruna tentang pengenalan pengolahan masakan China (Chinese Food) yang mengajarkan saos dasar tumis (cap jae, sup jagung ayam), saos dasar inggris (saos inggris) dan saos dasar asam manis (angsio hi dan angsio hibien).

          Latek hari ketiga, chef Mickey Gunawan mengajarkan sekaligus mengenalkan American Pizza dan Italia Pizza kepada taruna, sedangkan pada hari keempat, chef Bagus kembali mendampingi para taruna untuk mengenalkan tata cara minum teh sesuai adat Jepang (chanoyu).

          Untuk itu, pihaknya mengundang mahasiswa Fakultas Sastra Jepang Unitomo dan konsultan dari Konjen Jepang di Surabaya sebagai bintang tamu. Mereka tampil bareng taruna untuk mempraktekkan langsung bagaimana chanoyu disajikan. Kehadiran mahasiswa dari Unitomo dan perwakilan dari Konjen Jepang (native speaker) di Surabaya ini merupakan hasil kerjasama yang dirintis sejak 2013 silam.

          Chef R Bagus Handoko yang merupakan dosen utama di AAL --berdasarkan Surat Perintah Gubernur AAL Nomor: Sprin/203/II/2014—itu juga mendampingi para taruna dalam mempraktekkan Table Manner Internasional (American Service) di Hotel Sahid pada Senin (10/3/2014). Kegiatan itu juga dihadiri pejabat teras AAL dan latek yang terakhir ditutup dengan praktek table manner local (Indonesia Service) di kampus ALL, Bumimoro Surabaya pada Selasa (11/3/2014) yang diikuti taruna, pejabat teras, perwira dari Korps Suplai dan para dosen dari AAL.


          Ditemui di sela pelatihan, Mayor Laut (S/W) Endang Sri Astuti dari AAL Bumimoro Surabaya mengatakan, sembilan taruna AAL yang mengikuti latek Perwismaan dan Table Manner itu merupakan anggota Korps Suplai Angkatan 61 dari 89 taruna yang masuk pendidikan pada Tahun Akademik 2012/2013. Mereka yang mengikuti kegiatan ini sekarang menjadi taruna tingkat dua.


          ”Di AAL sampai saat ini memiliki lima jurusan (korps), yakni pelaut, teknik, elektro, suplai dan marinir (disingkat PTESM). Latek ini wajib diikuti taruna dari Korps Suplai sebagai tugas akhir mata Perwismaan dan Ilmu Gizi yang berbobot dua SKS (32 jam pertemuan),” terang Endang di dampingi Mayor Laut (S/W) Marine, staf Korps Suplai AAL di kampus Akpar Majapahit. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar