twitter
Tristar Culinary Institute Jakarta
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 081234506326, 081286358533. PIN BB: 53B4FED8, 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33. Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

PESERTA KURSUS ASAL MALAYSIA BELAJAR MEMBUAT BURGER DAN HOT DOG DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE




Makanan seperti burger dan hot dog tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat kita. Bahkan makanan ini sudah banyak yang diperjual belikan di kaki lima. Banyaknya minat masyarakat terhadap makanan ini tentu disebabkan karena citarasanya yang lezat. Namun ternyata makanan ini tidak hanya populer di dalam negara kita saja melainkan di berbagai negara termasuk juga Malaysia. Alasan inilah yang melandasi Nor Pishah Binti Hashim yang datang jauh-jauh dari negara tetangga, Malaysia untuk mengikuti kursus secara privat di Tristar Culinary Institute yang beralamtkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya.
Kedatangan Nor Pishah Binti Hashim ke Indonesia terutama ke Tristar Culinary Institute memang bukanlah yang pertama kali. Karena Nor memang sudah hampir 2 tahun belakangan ini mengikuti beberapa kali pelatihan atau kursus yang diadakan di Tristar Culinary Insitute. Tak hanya kursus kuliner saja yang diikuti Nor, melainkan juga kursus-kursus non food. Seperti kedatangan Nor kali ini yang didampingi sang suami tercinta, Baba Ahmad Bin Omar ke Tristar Culinary Institute untuk mengikuti kursus non food dan food.
Adapun kursus food yang diikutinya kali ini adalah pembuatan hamburger dan hot dog yang meliputi pembuatan sosis sapi, burger bun dan hot dog bun, daging burger, daging burger ala rumah tangga, saus burger, mayonnaise dan thousand island. Kursus ini sengaja dipilih Nor secara privat karena agar lebih mendalami materi yang diajarkan. Kedatangan Nor ke Indonesia ini sendiri bukan tanpa tujuan. Karena Nor selaku consultant ataupun cooking instructor sekaligus owner dari sebuah lembaga pelatihan kuliner di Malaysia yang diberi nama Nor Pishah Enterprise ini dituntut untuk selalu up to date terhadap perkembangan dunia kuliner.
Pilihan tempat menuntut ilmu kuliner ke Indonesia dikarenakan selera orang Malaysia hampir sama dengan orang Indonesia. Selain itu bila hanya belajar di Malaysia saja maka pegetahuan kuliner akan sama dengan lembaga pelatihan serupa lainnya yang ada di Malaysia. Berkecimpung selama 20 tahun dalam usaha lembaga pelatihan kuliner semakin memacu semangat Nor untuk terus menggali pengetahuan kuliner dimana saja. Tentu saja Tristar Culinary Institute sebagai salah satu lembaga yang dipilih Nor sebagai tempat menimba ilmu kuliner sangat berbangga karena dengan begitu telah membuktikan bahwa Tristar Culinary Institute sebagai salah satu lembaga pelatihan kuliner yang kompeten di Indonesia.
Kursus privat membuat burger dan hot dog ini diikuti Nor tepatnya pada hari Rabu (14/07) pada pukul 13.30 WIB hingga selesai. Ada yang berbeda dari kursus lainnya, kursus kali ini dipandu oleh 2 pengajar kursus yaitu Endang dan Robi. Untuk pembuatan Hot Dog Bun dan Burger Bun diajarkan oleh Robi sedangkan materi lainnya diajarkan oleh Endang. Namun metode kursus privat ini masih sama dengan kursus lainnya yaitu metode hands on. Sehingga para peserta kursus bisa langsung ikut mempraktikkan materi yang diajarkan.

Materi yang pertama kali diajarkan adalah cara pembuatan adonan roti untuk burger dan hot dog. Dengan suasana kekeluargaan yang hangat Robi menjelaskan berbagai teori pembuatan adonan roti yang tepat, Nor pun segera mencatat segala hal yang diperlukan. Setelah adonan jadi, Nor pun ikut membentuk adonan roti.
Kemudian adonan diistirahatkan selama beberapa saat, dikembangkan baru kemudian dioven. Di sela-sela menunggu proses pengembangan roti, materi dilanjutkan dengan pembuatan sosis sapi yang diajarkan oleh Endang. Setelah adonan sosis selesai dimasukkan ke selongsong maka materi dilanjutkan ke materi lainnya seperti pembuatann burger. Nor sangat antusias mengikuti setiap proses yang diajarkan bahkan tak segan-segan ikut mempraktikkan setiap pembuatan adonan.
Tak lama setelah pembuatan burger dan sosis selesai, maka tema selanjutnya yaitu pembuatan saus, mayonnaise serta thousands island. Selesai dengan semua proses pembuatan semua materi, maka Nor juga ikut menyusun burger bun berikut hot dog bun dengan sayuran dan sosis sapi serta daging burger. Nor mengaku sangat puas mengikuti kursus kali ini dan ingin sekali mengikuti kursus di Tristar Culinary Insitute di waktu-waktu yang akan datang./nv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar