twitter
Tristar Culinary Institute Jakarta
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 081234506326, 081286358533. PIN BB: 53B4FED8, 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33. Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

EDUKASI DAN BAKING DEMO OLEH TIM TRISTAR CULINARY INSTITUTE DI HAKIKI BAKING FIESTA 2010

Sepak terjang tim Tristar Culinary Institute dalam berbagai perlombaan maupun sebagai praktisi bidang kuliner memang tak perlu diragukan lagi. Hal ini juga ditunjukkan tim Tristar Culinary Institute dalam acara yang diadakan oleh supplier bahan makanan dan minuman Hakiki Donarta. Dalam acara yang bertajuk “Hakiki Baking Fiesta 2010” ini tim Tristar Culinary Institute yang kali ini diwakili oleh Otje selaku pengajar dan dibantu oleh seorang mahasiswa jurusan pastry, Mickey ikut meramaikan acara ini dengan memberikan edukasi serta baking demo. Acara ini digelar selama 3 hari berturut-turut yaitu tanggal 30,31 Juli dan 1 Agustus 2010 dan bertempat di Atrium Lt.LG ITC Mega Grosir – Surabaya.

Tujuan diadakannya Hakiki Baking Fiesta 2010 ini sendiri adalah untuk memberikan edukasi serta inovasi bersama Hakiki Donarta kepada masyarakat luas terutama masyarakat yang mengikuti perkembangan dunia kuliner. Adapun susunan dari acara ini diawali pada hari Jumat (30/07) yang menggelar acara edukasi praktis dan baking demo oleh tim Tristar Culinary Institute, untuk hari Sabtu (31/07) diadakan Baking Demo 3 sesi oleh Tim Hakiki dan Tulip Chocolate. Dan hari terakhir, Minggu (01/08) diadakan Inovasi/ Grand Baking Demo oleh Lembaga Pendidikan dan Ketrampilan Ny.Liem. Acara pada hari Minggu ini tersebut merupakan acara utama dari rangkaian acara yang ditampilkan.
Acara edukasi dan baking demo oleh tim Tristar Culinary Institute yang digelar pada hari pertama acara tepatnya hari Jumat (30/07) ini dimulai pada pukul 14.30 WIB. Tim Tristar Culinary Institute kala itu tak hanya terdiri dari Otje selaku pengajar saja melainkan juga dibantu para mahasiswa untuk membantu kelancaran acara. Otje yang dibantu seorang mahasiswa ini langsung menuju ke atas panggung. Untuk beberapa saat mereka mempersiapkan segala sesuatu kebutuhan yang diperlukan untuk acara edukasi dan baking demo.
Sesuai dengan temanya, baking demo kali ini mempraktikkan aneka produk bakery yaitu adonan roti manis yang akan dikreasikan menjadi Taiwan Polo Bread serta Smoke Breef Bread. Tak lama kemudian MC membuka jalannya acara edukasi dan baking demo.

Tanpa canggung Otje langsung memberikan penjelasan mengenai materi yang disampaikan. Baking demo kali ini tak hanya sekedar dijelaskan mengenai cara membuatnya saja melainkan para peserta baking demo yang kala itu tanpa dipungut biaya dalam mengikuti acara ini juga diberikan edukasi berupa pengetahuan bahan.
Dengan suasana menyenangkan MC dan Otje memandu jalannya acara baking demo ini. Sehingga selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, para pesrta baking demo juga mendapat hiburan. Setelah berbagai penjelasan ataupun edukasi selesai disampaikan, Otje segera mulai menjelaskan cara membuatnya. Langkah demi langkah dijelaskan oleh Otje secara berurutan, tak lupa berbagai tips sukses dalam pembuatan roti yang sehat dan kualitasnya baik juga ikut disampaikan. Tren healty food kini memang sudah sangat meluas di kalangan masyarakat. Sehingga makanan tak hanya berfungsi untuk mengenyangkan saja melainkan juga harus baik bagi tubuh. Hal ini tentunya juga harus ditunjang oleh berbagai bahan-bahan dasar makanan yang berkualitas. Sehingga dari segi inilah yang ditonjolkan oleh Otje.

Penggunaan bahan dalam baking demo kali ini memang dipilih yang mempunyai kualitas baik serta tentunya aman bagi tubuh. Otje pun memilih aneka bahan yang ada di Hakiki Donarta. Adapun beberapa bahan dari Hakiki Donarta yang kali ini digunakan dalam bakin demo antara lain Ragi “Pakmaya”, Bread improver “Edna”, butter “Wood Dunn” dan Margarin “Margarita” serta cokelat “Tulip”. Setelah adonan roti manis diuleni, maka proses selanjutnya adonan harus diistirakahatkan terlebih dahulu kemudian dibentuk dan dikembangkan. Di sela-sela proses baking demo ini, para peserta demo juga bisa langsung mengajukan pertanyaan seputar materi yang dibawakan. Otje pun segera memberikan jawaban yang lengkap dan jelas dari pertanyaan peserta.
Tidak hanya itu saja, sambil menunggu beberapa proses dalam pembuatan adonan, para peserta juga dihibur dengan diberikan beberapa doorprice setelah berhasil menjawab pertanyaan yang dierikan oleh MC.

Tak lama kemudian, proses pembuatan Taiwan Polo Bread dan Smoke Beef Bread selesai, Otje pun segera menunjukkan hasil jadinya. Tak lupa para peserta demo juga bisa mencicipi roti hasil demo yang kala itu dibagikan oleh para mahasiswa Tristar Culinary Institute./nv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar