twitter
Tristar Culinary Institute Jakarta
Telp: 021-5380668. Fax: 021-53155652.
HP: 081234506326, 081286358533. PIN BB: 53B4FED8, 2A96E298.
Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33. Serpong - Tangerang.

Sekolah Masak & Akademi Perhotelan

SEKOLAH TATA BOGA - SEKOLAH KULINER
Program Pendidikan Kuliner Diploma 1, D2 dan D3

Sistem Studi : Praktek Setiap Hari

Jurusan :
Patiseri (Baking & Pastry)

Tata Boga (Kuliner)


Jenjang Studi lanjutan S1 & S2 di Swiss.

Dengan jurusan : International Hotel and Tourism Management.


Jln. Raya Jemursari no. 244. Surabaya.

Telp: 031-8433224-25.

Flexi: 031-81639992.

HP: 0817321024.

Email: tristarkuliner@yahoo.co.id


*************************************

TRISTAR CULINARY INSTITUTE

Visi & Misi

Stuktur Kurikulum

Fasilitas

Biaya Perkuliahan

Info: Kursus Tristar 031-71933131 - 081332004197




Informasi:

*Kursus Tristar Kaliwaron

Jln. Kaliwaron 58-60. Surabaya

Jadwal Kursus Tristar Kaliwaron.

Tarif Kursus Privat di Tristar Cabang Kaliwaron.

Kids Cooking Class bersama Tristar Culinary Institute

Aneka Mesin & Peralatan Home Industry

Poduct List Tristar Machinery


*Anda ingin membuka Cafe?

Ikuti Kursus Cara Membuat Cafe

Kursus Minuman Cafe di Tristar Kaliwaron

Pages

BELAJAR MEMBUAT BERBAGAI PRODUK BAKERY DI TRISTAR CULINARY INSTITUTE





Selain sebagai lembaga pelatihan ataupun kursus, Tristar Culinary Institute juga merupakan sebuah lembaga pendidikan profesional dalam bidang kuliner yang menawarkan program pendidikan D1, D2 dan D3 serta jenjang studi lanjutan S1, S2 di Swiss. Tristar Culinary Institute yang beralamatkan di Jl. Raya Jemursari no.234 Surabaya ini memang sudah cukup berkembang meski baru kurang lebih 3 tahun berdiri. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya para mahasiswa baru yang kini sudah mulai mengikuti jalannya perkuliahan.
Seperti perkuliahan kali ini, para mahasiswa sudah aktif menerima materi perkuliahan dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang. Adapun metode ataupun sistem studi yang ditawarkan oleh Tristar adalah praktik setiap hari. Sehingga dengan sistem seperti ini para mahasiswa akan lebih terampil dalam membuat berbagai jenis makanan ataupun kue. Hal seperti ini tampak pada perkuliahan jurusan Patiseri (Baking dan Pastry) hari Jumat (30/07) kali ini. Sebelum praktik dimulai, terlebih dahulu para peserta diberikan teori.
Selaku pengajar, Otje menjelaskan berbagai materi yang nantinya akan dipraktikkan. Dan mahasiswa yang sedikitnya terdiri dari 12 orang itu langsung menyimak dengan antusias segala materi yang dijelaskan. Setelah teori diberikan selama kurang lebih 1 jam, maka tiba waktunya para mahasiswa menuju ke ruang praktik. Adapun materi yang diajarkan kali ini adalah produk-produk bakery yang terdiri dari Hard Roll, Oregano Bread, Bagel dan Foccacia With Olive. Para mahasiswa tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempraktikkan materi yang diajarkan. Dalam sesi praktik ini para mahasiswa wajib mengikuti setiap langkah demi langkah pembuatannya.




Materi praktik dimulai dengan menimbang setiap bahan yang digunakan kemudian baru proses pengadukan adonan hingga menjadi adonan yang kalis. Setelah itu baru adonan dibentuk, diistirahatkan, dikembangkan dan dioven hingga matang. Adapun materi yang diajarkan kali ini merupakan roti gurih yang bentuknya bervariasi. Ada yang diberi topping adapula yang adonannya dicampur dengan oregano. Selain itu adapula roti yang diiris dan disusun menyerupai burger yaitu roti Bagel. Pada dasarnya pembuatan roti memang tergolong cukup sulit bila para mahasiswa belum mengetahui teknik dasar dan berbagai tips-tipsnya.

Maka dengan praktik secara langsung ini diharapkan para mahasiswa bisa mengetahui letak kesalahan dalam pembuatannya. Selesai mempraktikkan semua materi yang diajarkan, maka para mahasiswa bisa mencicipi semua makanan hasil praktik./nv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar